Syarat dan Ketentuan Penggunaan
Mohon untuk membaca Syarat dan Ketentuan Penggunaan yang tertulis di bawah ini dengan seksama sebelum mengakses aplikasi Swalayanku (“Platform”) dan/atau menggunakan layanan dari Swalayanku. Bahwa dengan menggunakan platform Kami, Anda menyatakan telah membaca, memahami dengan seksama, dan menyetujui untuk terikat dengan Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini (“Syarat dan Ketentuan”), serta menjamin bahwa Anda adalah individu yang secara hukum berhak untuk mengadakan perjanjian yang mengikat berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia dan bahwa Anda telah berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah dan/atau tidak berada di bawah perwalian. Atau apabila Anda berusia di bawah 21 tahun, Anda telah mendapatkan izin dari orang tua atau wali Anda. Dengan begitu, Syarat dan Ketentuan ini merupakan suatu perjanjian yang sah antara Anda dan PT Payo Ritel Indonesia dan afiliasinya.
Dengan tetap mengakses Platform dan/atau menggunakan layanan Swalayanku, Anda telah setuju untuk terikat pada Syarat dan Ketentuan ini:
Pendahuluan
PT Payo App Indonesia dan afiliasinya, yang selanjutnya akan disebut sebagai Swalayanku atau “Kami” atau “Kita” adalah perseroan terbatas yang didirikan berdasarkan hukum Indonesia, yang berdomisili di Payakumbuh dan Kantor Administrasi di Jakarta, yang merupakan penyedia dan operator dari Platform Kami. Swalayanku menyediakan Platform ini dengan tujuan untuk mengembangkan dan mengoperasikan sebuah online marketplace yang menyediakan layanan berupa pembelian dan pengiriman produk-produk kebutuhan harian, agrikultur dan produk lainnya yang disediakan oleh distributor dan produsen-produsen terpilih Swalayanku (“Layanan”).
Pembuatan dan Penggunaan Akun
- Sebelum melakukan pemesanan dalam Platform, Anda wajib mendaftarkan diri dengan memasukkan informasi pribadi Anda yang diminta termasuk, namun tidak terbatas pada alamat email dan kode sandi.
- Setiap alamat email hanya dapat digunakan untuk membuat satu akun.
- Dengan memasukkan informasi pribadi tersebut, Anda menjamin bahwa seluruh informasi tersebut benar dan lengkap, serta wajib mengirimkan permintaan mengubah informasi kepada Kami apabila terdapat perubahan dari informasi yang telah Anda berikan.
- Apabila Anda mendaftarkan atas nama suatu badan hukum atau badan usaha lainnya, Anda menyatakan dan menjamin bahwa Anda berwenang untuk bertindak untuk dan atas nama badan hukum atau badan usaha tersebut, serta mengikat.
- Hanya Anda yang dapat menggunakan akun Anda sendiri dan Anda berjanji untuk tidak memberikan wewenang kepada orang lain untuk menggunakan identitas Anda atau menggunakan akun Anda. Anda tidak dapat menyerahkan atau mengalihkan akun Anda kepada pihak lain.
- Kami tidak bertanggung jawab atas seluruh resiko dan kerugian yang timbul sebagai akibat dari penyalahgunaan akun Anda oleh pihak lain yang disebabkan oleh penyerahan dan pengalihan informasi akun Anda kepada pihak lain, termasuk namun tidak terbatas pada meminjamkan atau memberikan akses akun Anda kepada pihak lain, mengakses link atau tautan yang diberikan oleh pihak lain, memberikan atau memperlihatkan kode verifikasi (One Time Password), kode sandi dan/atau email kepada pihak lain.
- Anda berjanji hanya akan menggunakan Platform untuk tujuan yang dimaksud untuk mendapatkan Layanan yang tersedia. Anda tidak boleh menyalahgunakan atau menggunakan Platform untuk melakukan penipuan atau menyebabkan ketidaknyamanan terhadap orang lain atau melakukan pemesanan palsu.
Informasi dan Keamanan Platform
- Kami melakukan manajemen informasi dan keamanan Platform dengan berusaha menjaga seluruh Layanan, mulai dari pemesanan sampai pembayaran dalam Platform seaman mungkin dan terbebas dari gangguan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.
- Terlepas dari usaha maksimal yang diberikan, Kami tidak dapat menjamin bahwa pada Platform akan selalu bebas dari kesalahan dan penggunaannya selalu sesuai dengan tujuan, tepat waktu dan setiap kesalahan akan dikoreksi, bebas dari virus atau bug atau menunjukkan keseluruhan fungsi, akurasi, keandalan Platform tersebut.
- Kami tidak bertanggung jawab untuk setiap keterlambatan, kegagalan, kesalahan, atau kerugian saat pemakaian Layanan kami yang ditimbulkan karena penggunaan internet dan komunikasi elektronik yang tidak kompatibel, atau hal-hal lain yang merusak yang dikirimkan ke sistem komputer dan atau perangkat telepon pintar milik Anda melalui Platform Kami.
- Kami tidak akan bertanggung jawab atas segala kerugian yang disebabkan oleh pihak-pihak lain yang mengakses akun Anda tanpa izin dan kewenangan dari Anda, serta hal-hal yang bukan terjadi karena kesalahan/kelalaian dari Kami.
- Kami mengumpulkan dan memproses informasi pribadi Anda, seperti nama, alamat surat elektronik, dan nomor telepon seluler Anda ketika Anda mendaftar di Platform dan juga Layanan yang tersedia di dalamnya. Anda harus memberikan informasi yang akurat dan lengkap, memperbaharui informasi dan setuju untuk memberikan bukti identitas apapun yang secara wajar diminta oleh Kami.
- Anda mengerti bahwa ketika menggunakan Platform dan seluruh Layanan Kami, data pribadi Anda dapat dikumpulkan, digunakan dan/atau diungkapkan oleh Kami sehingga Anda dapat menikmati Platform dan Layanan Kami. Hanya untuk tujuan operasi Platform dan penggunaan layanan dan/atau tujuan lain yang dianggap pantas, Anda dengan ini memberikan persetujuan kepada Kami untuk mengumpulkan, menggunakan, atau mengungkapkan setiap dan seluruh data pribadi Anda yang Anda mengerti bahwa bagian dari data atau informasi mengenai Anda dapat diakses oleh pihak ketiga manapun yang bekerja sama dengan Kami. Untuk menghindari keraguan, Anda juga mengizinkan Kami untuk mengungkapkan data pribadi Anda kepada setiap otoritas (termasuk otoritas hukum) berdasarkan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kami tidak bertanggung jawab atas setiap kerugian Anda akibat penyalahgunaan oleh pihak ketiga atas data atau informasi Anda yang telah diungkapkan berdasarkan ketentuan ini. Anda memahami bahwa Kami dapat disyaratkan untuk mengungkapkan data pribadi Anda kepada setiap otoritas (termasuk otoritas hukum atau moneter) berdasarkan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kami akan memiliki hak untuk menginvestigasi dan menuntut dalam hal terjadi pelanggaran terhadap seluruh ketentuan di atas, sepanjang yang dimungkinkan oleh hukum termasuk melibatkan aparat penegak hukum. Kami memiliki hak untuk memonitor akses Anda dalam Platform, untuk memastikan kepatuhan dengan Ketentuan Penggunaan ini, atau untuk mematuhi peraturan yang berlaku.
Pemesanan
- Anda menjamin bahwa setiap informasi dan/atau identitas yang Anda berikan kepada Kami sehubungan dengan pemesanan merupakan informasi yang benar dan lengkap dan Kami tidak bertanggung jawab atas kesalahan pesanan dalam hal terdapat kesalahan identitas.
- Saat melakukan pemesanan, Anda harus memilih dan/atau memberikan informasi yang akurat dan lengkap mengenai jenis, spesifikasi, kuantitas dan/atau setiap karakteristik khusus dari produk yang dipesan. Kami tidak akan bertanggung jawab atas kerugian yang disebabkan oleh kesalahan pemesanan Anda.
- Kami berhak untuk menolak pesanan Anda jika, menurut penilaian Kami, Swalayanku tidak dapat melakukan pengiriman produk termasuk tidak terbatas karena produk tidak tersedia, atau bahwa berdasarkan keterangan Platform dan Layanan Kami, lokasi pengiriman pesanan Anda di luar jangkauan pengiriman kami, atau dengan menerima pesanan dari Anda, Anda akan melanggar Syarat dan Ketentuan ini atau hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Harga dan Pembayaran
- Seluruh harga produk yang terdapat dalam Platform Kami adalah benar saat dipublikasikan. Namun, harga produk yang ditampilkan dalam Platform dapat berubah dari waktu ke waktu tergantung situasi dan kondisi bisnis. Sebagai penyedia Platform, Kami akan mengubah harga yang terdaftar disesuaikan dengan perubahan harga yang dilakukan oleh produsen-produsen Kami.
- Anda hanya berkewajiban untuk membayar sesuai dengan jumlah pesanan Anda dan ongkos kirim apabila ada sesuai yang tercantum pada saat proses checkout. Anda juga dapat menggunakan promo atau voucher yang tersedia untuk mendapatkan potongan harga atau keuntungan lainnya. Perubahan terhadap harga pesanan Anda tidak dapat terjadi pada saat Anda dalam proses checkout dari Platform Kami.
- Anda hanya dapat melakukan pembayaran atas pesanan Anda melalui metode-metode pembayaran yang telah disediakan dalam Platform Kami (dari waktu ke waktu dapat berubah), yaitu:
- UNCANG,
- Uang Tunai, atau
- Metode pembayaran lainnya yang sah.
- Anda menjamin untuk menyediakan informasi mengenai detail pembayaran secara lengkap dan akurat, serta memiliki saldo atau limit yang cukup pada metode pembayaran yang Anda pilih untuk dapat digunakan dalam pembayaran pesanan Anda.
- Kami berhak menolak atau menunda untuk meneruskan permintaan pembayaran Anda melalui Metode Pembayaran karena alasan tertentu, termasuk namun tidak terbatas pada adanya indikasi atau Kami mempunyai alasan yang cukup untuk menduga adanya kecurangan, penipuan, pelanggaran Ketentuan Penggunaan, pelanggaran atas peraturan perundang-undangan yang berlaku termasuk yang terkait dengan alat pembayaran menggunakan kartu, uang elektronik, pemrosesan transaksi pembayaran, anti pencucian uang, korupsi dan pencegahan pendanaan terorisme, atau tindakan lain yang tidak wajar atau mencurigakan, termasuk belum dipenuhinya kewajiban Anda kepada Kami.
Pengiriman
- Kami hanya melayani pengiriman ke beberapa area di Payakumbuh, dan beberapa area di Padang dan Batusangkar namun ada beberapa area di Sumatera Barat yang belum masuk ke dalam wilayah jangkauan pengiriman Kami.
- Setiap pesanan yang telah masuk dalam sistem akan segera diproses dan dikirim melalui kurir yang telah disediakan oleh Kami sesuai tanggal dan waktu pengiriman yang dipilih oleh Anda.
- Waktu pengiriman akan bervariasi tergantung Estimated Time Arrival (ETA) dari slot yang dipilih. Payakumbuh : Slot 1 (pagi) : 09:00 – 12:00 WIB, Slot 2 (siang) : 12:00 – 17:00 WIB
- Anda menjamin bahwa setiap informasi dan/atau identitas yang Anda berikan kepada Kami sehubungan dengan pengiriman merupakan informasi yang benar dan lengkap. Sehingga, Kami tidak bertanggung jawab atas kesalahan pengiriman dalam hal terdapat kesalahan informasi dari Anda. Dalam hal ini, Anda harus bertanggung jawab dan memberikan kompensasi yang diperlukan kepada Kami apabila ada.
- Kami tidak bertanggung jawab kepada Anda atas kerugian, kewajiban, biaya, kerusakan, atau pengeluaran yang timbul dari keterlambatan pengiriman pesanan, kecuali jika terbukti bahwa keterlambatan tersebut diakibatkan oleh kesalahan Kami secara langsung.
Penolakan, Pembatalan, dan Pengembalian Dana
- Dalam hal produk yang dipesan dan dibayar tidak tersedia atau tidak panen, pesanan terhadap produk tersebut akan dibatalkan secara otomatis melalui Platform Kami. Kami akan melakukan pengembalian dana berupa Credit Voucher dalam jumlah sesuai produk yang tidak tersedia dalam waktu 1×24 jam setelah status transaksi berubah menjadi “Delivered”.
- Credit Voucher dapat Anda gunakan untuk melakukan pembelian kembali di Platform Kami. Nilai Credit Voucher akan memotong nilai belanja Anda. Apabila nilai belanja Anda lebih kecil dari nilai Credit Voucher, tidak akan ada pengembalian dana yang akan diberikan. Setiap Credit Voucher bersifat unik dan penggunaannya tidak dapat digabungkan. Pesanan yang dilakukan menggunakan Credit Voucher akan dibebaskan dari biaya pengiriman secara otomatis tanpa nilai minimum pembelian.
- Dalam hal terdapat pesanan yang rusak, Anda berhak menolak produk tersebut dengan memberitahukan melalui mekanisme penyampaian keluhan sesuai ketentuan dengan menyertakan bukti foto yang terkait atau melalui alamat email Kami dengan menyertakan invoice, nomor pesanan, dan bukti foto yang terkait. Setelah pemeriksaan laporan tersebut, Kami akan memberikan pengembalian dana berupa Product Quality Voucher dalam waktu 1×24 jam setelah laporan Anda diterima. Produk dalam keadaan belum matang bukan merupakan produk yang rusak.
- Dalam hal Anda menerima produk yang salah dengan yang dipesan dan dibayar, Anda berhak untuk menukar produk tersebut dengan memberitahukan melalui mekanisme penyampaian keluhan sesuai dengan ketentuan dengan menyertakan invoice, nomor pesanan, dan bukti foto yang terkait. Swalayanku akan melakukan penukaran terhadap produk yang Anda terima dengan produk yang sesuai dengan yang dipesan dan dibayar dalam waktu 1×24 jam setelah laporan Anda diterima.
- Apabila Anda melakukan pembayaran menggunakan dompet elektronik dan pesanan dibatalkan, akan dilakukan pengembalian atas saldo dompet elektronik yang terpotong.
- Kami hanya bertanggung jawab terbatas pada proses pengembalian saldo dompet elektronik yang terpotong sesuai dengan mekanisme yang ditentukan oleh Kami dan penyelenggaran dompet elektronik. Kami tidak bertanggung jawab atas keterlambatan atau kegagalan pengembalian saldo dompet elektronik yang disebabkan oleh penyelenggara dompet elektronik atau pihak ketiga lainnya.
- Kami hanya bertanggung jawab terbatas pada jumlah total yang secara tertulis dibayar oleh Anda. Pengajuan pengembalian dana untuk produk yang rusak dan penukaran terhadap produk yang salah hanya kami terima 1×24 jam setelah produk-produk yang Anda pesan sampai ke rumah Anda, sehingga Anda membebaskan tanggung jawab Kami atas produk-produk pesanan Anda setelah jangka waktu tersebut.
Penutupan Akun dan Penghapusan Data Pribadi Pengguna
- Apabila Anda tidak menggunakan Platform sesuai dengan tujuan penggunaannya, melanggar Syarat dan Ketentuan ini dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku, Kami berhak membekukan atau mengakhiri penggunaan Platform Anda.
- Anda memiliki kewajiban untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan data yang berkaitan dengan akun Anda, sehingga dalam hal terjadi pengungkapan atau penggunaan data terkait yang tidak sah atau tanpa kewenangan Anda, atau peretasan akun, Kami dapat melakukan penutupan akun Anda.
- Anda berhak untuk memilih berhenti, baik untuk sementara maupun selamanya, dalam menggunakan Platform setiap saat dengan membatalkan dan menutup akun Anda.
- Untuk menutup akun, Anda wajib menghubungi customer service Kami dengan mengajukan permohonan penutupan akun melalui email support@swalayanku.co.id. Kami berhak untuk melakukan proses verifikasi data terkait akun Anda sebelum melakukan penutupan akun.
- Proses penutupan akun akan berlangsung maksimal 7×24 jam setelah permohonan diverifikasi dan diterima oleh Kami.
- Swalayanku akan menghapus dan/atau menganonimkan data pribadi pengguna yang ada di bawah kendali Swalayanku apabila data pribadi pengguna (i) tidak lagi diperlukan untuk memenuhi tujuan dari pengumpulannya, (ii) Anda mengajukan permohonan penutupan akun melalui customer service Kami, dan (iii) penyimpanan data tidak lagi diperlukan untuk tujuan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Pembatasan Tanggung Jawab dan Ganti Rugi
- Kami tidak bertanggung jawab kepada Anda atau orang lain yang menggunakan Layanan melalui akun Anda untuk biaya, bunga, kerusakan atau kerugian dalam segala jenis atau bentuk apapun (termasuk cedera pribadi, tekanan emosional dan hilangnya data, barang, pendapatan, laba, penggunaan atau keuntungan ekonomis lainnya), kecuali untuk kerugian langsung, yang timbul atau sehubungan dengan akun Anda dalam Platform Kami, yang dapat dibuktikan terjadi karena kelalaian berat atau pelanggaran Kami atas Syarat dan Ketentuan ini. Setiap tuntutan terhadap Kami dalam hal apapun oleh Anda, tanggung jawab Kami hanya terbatas pada jumlah total yang ternyata secara tertulis dibayar oleh dan/atau terutang pada Anda ketika menggunakan Layanan Swalayanku.
- Tanggung jawab untuk keputusan yang Anda buat untuk menggunakan Layanan yang disediakan melalui Platform Kami merupakan tanggung jawab Anda dan melekat seutuhnya pada Anda. Anda secara tegas mengesampingkan dan melepaskan Kami dari setiap dan semua kewajiban, tuntutan, penyebab tindakan, atau kerusakan yang timbul dari penggunaan Layanan dan Platform Kami.
- Dengan mendaftarkan diri dan menggunakan Platform Kami, Anda setuju bahwa Anda akan mengganti rugi dan membebaskan Swalayanku, afiliasi, dan masing-masing dari pejabat, direktur, komisaris, karyawan, pengacara dan agen Swalayanku dari dan terhadap setiap dan semua klaim, biaya, kerusakan, kerugian, kewajiban dan biaya (termasuk biaya advokat) yang timbul dari atau sehubungan dengan:
- pelanggaran Anda atas Syarat dan Ketentuan, Kebijakan Privasi, dan/atau ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, baik yang dirujuk dalam Syarat dan Ketentuan ini atau tidak;
- pelanggaran Anda terhadap hak-hak pihak ketiga terkait penggunaan Platform yang bukan diakibatkan oleh Kami;
- penggunaan atau penyalahgunaan Platform dan Layanan yang tersedia di dalamnya oleh Anda atau pihak lain yang menggunakan akun Anda; atau
- pengakhiran akun Swalayanku Anda berdasarkan hal-hal yang diatur dalam Pasal 8 di atas.
Ketentuan ganti rugi ini akan tetap berlaku terlepas dari penutupan akun Swalayanku Anda.
Hak Kekayaan Intelektual
- Platform Kami, termasuk nama dan logonya, kode, desain, teknologi, model bisnis, dilindungi oleh hak cipta, merek, dan hak kekayaan intelektual lainnya yang tersedia berdasarkan hukum Republik Indonesia yang telah terdaftar atas nama Kami. Kami (dan pihak yang memperoleh lisensi dari Kami, jika berlaku) memiliki seluruh hak dan kepentingan atas Platform Kami, termasuk seluruh hak kekayaan intelektual terkait dengan seluruh fitur Layanan yang terdapat di dalamnya dan hak kekayaan intelektual lainnya yang terkait.
- Tunduk pada kepatuhan Anda pada Syarat dan Ketentuan ini, Kami memberikan kepada Anda lisensi terbatas, non-eksklusif, yang tidak dapat dipindahtangankan, tidak dapat dialihkan, dan tidak dapat disublisensikan dan yang dapat ditarik kembali untuk mengunduh dan menggunakan perangkat lunak yang digunakan dalam Aplikasi Swalayanku pada Ponsel Pintar yang Anda miliki atau kontrol untuk kebutuhan Anda.
- Anda tidak diperkenankan (i) menyalin, memodifikasi, mengadaptasi, menerjemahkan, membuat karya turunan dari, mendistribusikan, memberikan lisensi, menjual, mengalihkan, menampilkan di muka umum, membuat ulang, mentransmisikan, memindahkan, menyiarkan, menguraikan, atau membongkar bagian manapun dari atau dengan cara lain mengeksploitasi Platform Swalayanku (termasuk Layanan di dalamnya) yang dilisensikan kepada Anda, kecuali sebagaimana diperbolehkan dalam Syarat dan Ketentuan ini, (ii) memberikan lisensi, mensublisensikan, menjual, menjual kembali, memindahkan, mengalihkan, mendistribusikan atau mengeksploitasi secara komersial atau membuat tersedia kepada pihak ketiga Platform Swalayanku atau perangkat lunak dengan cara; (iii) menciptakan “link” internet ke Platform Swalayanku atau “frame” atau “mirror” setiap perangkat lunak pada server lain atau perangkat nirkabel atau yang berbasis internet; (iv) merekayasa ulang atau mengakses perangkat lunak Kami untuk (a) membangun produk atau layanan tandingan, (b) membangun produk dengan menggunakan ide, fitur, fungsi atau grafis sejenis Platform Swalayanku, atau (c) menyalin ide, fitur, fungsi atau grafis Platform Swalayanku, (v) meluncurkan program otomatis atau script, termasuk, namun tidak terbatas pada, web spiders, web crawlers, web robots, web ants, web indexers, bots, virus atau worm, atau segala program apapun yang mungkin membuat beberapa permintaan server per detik, atau menciptakan beban berat atau menghambat operasi dan/atau kinerja Platform Swalayanku, (vi) menggunakan robot, spider, pencarian situs/aplikasi pengambilan kembali, atau perangkat manual atau otomatis lainnya atau proses untuk mengambil, indeks, “tambang data” (data mine), atau dengan cara apapun memperbanyak atau menghindari struktur navigasi atau presentasi dari aplikasi atau isinya; (vii) menerbitkan, mendistribusikan atau memperbanyak dengan cara apapun materi yang dilindungi hak cipta, merek dagang, atau informasi yang Kami miliki lainnya tanpa memperoleh persetujuan terlebih dahulu dari Kami atau pemilik hak yang melisensikan hak-nya kepada Kami, (viii) menghapus setiap hak cipta, merek dagang atau pemberitahuan hak milik lainnya yang terkandung dalam Platform Swalayanku.
Hubungi Kami
Kami dengan senang hati akan menerima pesan, keluhan dan saran Anda, baik untuk Swalayanku maupun untuk disampaikan kepada distributor dan produsen, serta berusaha menanggapi dan menyelesaikan segala keluhan Anda sebaik dan sesegera mungkin. Segala keluhan dapat ditujukan ke :
Email : support@swalayanku.com
Nomor Whatsapp (Chat only) : +62811-66444-92
Lain-Lain
- Anda tidak dapat mengalihkan hak dan kewajiban Anda berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini tanpa persetujuan sebelumnya dari Kami.
- Dalam hal terdapat istilah dalam Syarat dan Ketentuan yang dianggap tidak sah, tidak berlaku, atau tidak dapat dilaksanakan, baik secara keseluruhan atau sebagian berdasarkan ketentuan perundang-undangan, istilah atau bagian dari istilah tersebut akan dianggap bukan bagian dari Syarat dan Ketentuan ini, namun keabsahan dan keberlakuan terhadap yang lainnya dari Syarat dan Ketentuan akan tetap sah.
- Syarat dan Ketentuan ini diatur dan dibuat berdasarkan Hukum Republik Indonesia. Kami dan Anda dengan ini memilih yurisdiksi kepaniteraan Pengadilan Negeri Payakumbuh.
- Kami berhak mengubah Syarat dan Ketentuan ini sewaktu-waktu.
- Dalam hal terjadi perubahan secara substantif dari Syarat dan Ketentuan ini, Kami akan mempublikasi kepada pengguna. Jika Anda melanjutkan untuk menggunakan dan mengakses Platform setiap publikasi tersebut, Anda akan dianggap menyetujui perubahan yang terjadi.